TEMPAT BERBAGI ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
Dunia = Kumpulan rangkaian elektronika, Download, ilmu umum, dll
Akhirat = Iman dan Tauhid, Hukum islam, Akhlakul kharimah, dll

SEKARANG BLOG INI SUDAH BISA DI KASIH KOMENTAR, BAGI YANG INGIN DI TANYAKAN SEPUTAR RANGKAIAN ELEKTRONIKA ATAU YANG LAIN SILAH KAN KASIH KOMENTAR ^_^

Rabu, 05 Desember 2012

ULAMA SYAFI'IYYAH DALAM MEMPERJUANGKAN SUNNAH DAN MENGINGKARI BID'AH (bag II).

Assalamualaikum warhmatullahi wabarakatuh..

Sebagian ulama Syafi'iyyah dan karya tulis mereka yg menjelaskan tentang Sunnah dan Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah serta bantahan-bantahan terhadap bid'ah-bid'ah dan sakte-sakte sesat yg menisbatkan diri mereka kepada Islam dan Sunnah. Disamping itu, mereka juga menulis kitab-kitab yg mencela dan mengingkari perkara-perkara yg baru dan bid'ah-bid'ah yg muncul dalam permasalahan ibadah. Diantara ulama Syafi'iyah dan karya tulis mereka dalam hal ini sebagai berikut :


1]. Imam Qodhi Abdillah Husain ad-Dimyati rahimahulloh (wafat 648 H). Beliau mempunyai kitab yg mengkritik bid'ah dan perkara-perkara yg baru dalam agama, yg berjudul ( al-Lum'atu fii Ahkamil Bida' ).

2]. Imam al-'Iz bin Abdus Salam rahimahulloh (wafat 661 H). Beliau mempunyai dua karya tulis yg mengingkari bid'ah shalat rogho'ib, yg berjudul ( Ittarghiibu 'Ansholatir Rogho'ib ) dan ( Irroddu 'Alaa Jawaazi Sholatir Rogho'ib ), keduanya telah dicetak.

3]. Imam Abu Syama rahimahulloh (wafat 665 H). Beliau adalah murid Imam al-'Iz bin Abdus Salam. Beliau mempunyai karya tulis tentang bid'ah dengan judul ( Ilba'itsu 'Alaa Inkaril Bida' wal Hawaaditsi ), telah dicetak.

4]. Imam an-Nawawi rahimahulloh (wafat 676 H). Beliau adalah ulama yg sangat loyal kepada Sunnah dan membenci berbagai macam bentuk bid'ah. Hal itu sangat jelas dalam karya beliau yg berjudul ( Syarh Shohih Muslim, al-Majmu' Syarh Muhadzdzab, al-Adzkar,) dan yg lainnya.

5]. Imam Ali bin Ibrohim al-'Aththor rahimahulloh (wafat 724 H). Beliau murid terdekat Imam Nawawi. Beliau mempunyai kitab yg mengingkari bid'ah-bid'ah yg berkembang dalam bulan Rojab dan Sya'ban, diantaranya bid'ah sholat Nisfu Sya'ban (sholat alfiyah) dengan judul ( Hukmu Shoumi Rojaba wa Sya'bana Wamas Showabu 'Inda Ahlil 'Ilmi wal 'Irfani Wamaa Ahadatsa Fiihima Wamaa Yalzamuhu minal Bida'illatii Yata'aiyanu Izaalatuha 'Alaa Ahlil Iiman ), kitab ini telah di cetak.

6]. Imam Hafizh adz-Dzahabi rahimahulloh (wafat 748 H). Diantara kitab bekiau tentang aqidah adalah ( Al'uluu Lil 'Aliyil 'Adhiim ) yg mengupas dan menetapkan sifat Uluw (tinggi) bagi Alloh serta bantahan terhadap sakte-sakte yg mengingkarinya. Dan kitab ( at-Tamasruku Bis Sunan ) yg mengupas tentang wajibnya mengikuti Sunnah dan waspada terhadap bid'ah. Serta kitab ( Tasyabbuhul Khosiisi bi Ahlil Khomiisi ) yg mengupas tentang larangan menyerupai dan mengikuti hari-hari besar dan tradisi-tradisi mereka. Semua kitab ini telah dicetak.

7]. Imam Ibnu an-Nuhhas rahimahulloh (wafat 814 H). Beliau mempunyai kitab yg mengupas tentang dosa-dosa besar, kemungkaran-kemungkaran, dan bid'ah-bid'ah yg muncul dikalangang kaum Muslimin, dengan judul ( Tanbiihul Ghofiliina 'An A'malil Jahiliina wa Tahdziirus Salikiina min A'malil Halikiina ), kitab ini telah dicetak.

8]. Imam al-Hafizh Ibnu Hajar al-'Asqolani rahimahulloh (wafat 852 H). Kitab yg terkenal dari beliau adalah ( Fathul Baari Syarhi Shohiihil Bukhorii ) yg penuh dengan seruan kepada Sunnah dan bantahan terhadap bid'ah. Bahkan beliau menulis kitab yg mengoreksi hadits-hadits dho'if dan maudhu' yg berkaitan dengan keutamaan bulan Rojab dan bid'ah-bid'ah yg muncul di dalamnya dengan judul ( Tanbiyiinul 'Ujubi Bimaa Waroda fii Fadhli Rojab ).

Semua kitab telah dicetak.

9]. Imam Burhanuddin al-Biqo'i rahimahulloh (wafat 885 H). Beliau memiliki beberapa karya tulis yg mengajak kepada Sunnah dan mengingkari berbagai macam bentuk bid'ah dalam aqidah dan ibadah. Beliau adalah orang yg sangat tegas dan keras terhadap sakte Sufi dengan berbagai macam pemikiran ideologi mereka seperti Wahdatul Wujud dan Hulul (keyakinan bahwa Alloh berada dimana-mana). Diantara karya tulis beliau adalah :

a). ( Tanbiihul Ghobii Bi Takfiirib ni 'Arobi ).

Dalam kitab ini beliau menukil perkataan dan pernyataan para ulama Ahlus Sunnah dari semua madzhab yg mengkafirkan Ibnu Arobi sebagai tokoh sentral pemikiran Wahdatul Wujud.

b). ( Tahdziirul 'Ibadi min Ahlil 'Inadi Bi Bid'atil Ittihadi ).

Kitab ini menjelaskan kekufuran pemikiran Wahdatul Wujud.

c). ( Showabul Jawaabi Lissa'ilil Murtabil Mujadilil Mu'aridhi Fii Tafkiiri Ibnil Faridh ).

Kitab ini membantah pernyataan sebagian orang yg meragukan kekufuran Ibnul Faridh, salah seorang tokoh sentral pemikiran Wahdatul Wujud.

d). ( Assaiful Masnuunul Luma'u 'Alaal Muftil Maftuuni Bil Ibtida' ).

Kitab ini sebagai bantahan terhadap seseorang yg membolehkan dzikir jama'i yg bid'ah.

e). ( Inarotul Fikri bima Huwaal Haqqu Fii Kaifiyatidz Dzikri ).

Kitab ini mengoreksi dan mengingkari praktek dzikir jama'i yg bid'ah yg dilakukan sebagian kaum Muslimin.

10]. Imam al- Hafizh as-Suyuthi rahimahulloh (wafat 991 H). Beliau mempunyai kitab yg menjelaskan kedudukan sunnah dan kewajiban mengikutinya serta larangan melakukan bid'ah dengan judul ( Miftahul Jannati Fiil I'tishomi Bis Sunnah ). Dan kitab yg mengumpulkan bid'ah-bid'ah yg berkaitan dengan bermacam-macam perkara agama dengan judul ( al-Amru Bil Ittiba'i Wannahyu 'Anil Ibtida' ). Keduanya telah dicetak.

11]. Syaikh Ali Mahfuzh rahimahulloh (wafat 1361 H). Beliau adalah ulama kontemporer yg berasal dari Mesir. Beliau mempunyai karya tulis dalam mengingkari bid'ah-bid'ah yg muncul pada masyarakat Mesir, dengan judul ( al-Ibda'u Fii Madhoril Ibtida' ), kitab ini telah dicetak.

Wallohu A'lam.

Sumber: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, MA hafizhohulloh dari Majalah Al-Furqon Edisi 05 1431 H.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

info yang sangat bermanfaat .. sob

thanks atas infonya ..
ditunggu kunjungan baliknya :D