TEMPAT BERBAGI ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
Dunia = Kumpulan rangkaian elektronika, Download, ilmu umum, dll
Akhirat = Iman dan Tauhid, Hukum islam, Akhlakul kharimah, dll

SEKARANG BLOG INI SUDAH BISA DI KASIH KOMENTAR, BAGI YANG INGIN DI TANYAKAN SEPUTAR RANGKAIAN ELEKTRONIKA ATAU YANG LAIN SILAH KAN KASIH KOMENTAR ^_^

Rabu, 27 Juni 2012

Rangkaian Penurun Tegangan DC 12V menjadi 3V


Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah rangkaian penurun tegangan DC. Sebenarnya banyak sekali model rangkaian penurun tegangan, mulai dari yang menggunakan transistor, dioda zener, IC, Dan lain-lain. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan skema rangkaian penurun tegangan menggunakan dioda zener.

Rangkaian Penurun Tegangan DC



Daftar Komponen :
C1   : 470 nF

C2   : 220 uF/16V
R1   : 470 ohm
D1   : Dioda 1N4148
DZ1 : Dioda Zener 3.3 volt

Sebenarnya rangkaian ini tidak hanya bisa menurunkan tegangan DC 12 volt menjadi DC 3 volt, tapi juga bisa mengubah DC 12 menjadi 6, 9 Volt. Anda hanya harus mengubah DZ1 ( dioda zener ) sesuai dengan seberapa besar tengangan yang Anda inginkan, misalnya: Anda ingin mengubah tegangan 12 volt DC menjadi 6 volt DC, maka Anda harus mengganti dioda zener tersebut dengan dioda zener 6.2 volt. Jika dioda zener yang anda inginkan tidak ada dipasaran, carilah dioda zener yang nilai volt-nya mendekati nilai volt tegangan yang Anda inginkan. Dan rangkaian ini tidak hanya bisa mengubah tegangan 12 volt tetapi bisa juga 18, 24 , bahkan 32 volt pun bisa.

10 komentar:

agusklungsu mengatakan...

Kang Yoyok, rangkaian ini kuat berapa Ampere?

I wayan gede anumana mengatakan...

Mantap. .. Kalau tegangan masuk 6,3 dan out nya 5,14 caranya gimana bro? Pengen buat cas hp portable nih... Hehehe..

Yoyok sandi putra mengatakan...

ya kalo ingin 3 ampere ya tinggal gati dioda 3 ampere

tapi di rekomendasikan 1 ampere aja

Yoyok sandi putra mengatakan...

ya tinggal ganti dioda zener.nya yang 5 volt jadi deh :D

Anonim mengatakan...

gmana kita bisa ukur tegangan keluarannya?
bisa gk kita buat rangkaiannya di papan rangkaian sederhana biasa?

Anonim mengatakan...

Ini baik untuk 1 ampere, bagaimana bila dibutuhkan hingga 3 atau 5 ampere, komponen apa saja yg harus ganti, ?

yoppy dimassaputro mengatakan...

mas brow rangkai anya kuat brapa watt mas?kalai ingin otput nya kluar 50wat 12vol rangkai anya g5na mas makasih. . .toloNG di bls mas

eko bkunila mengatakan...

klo di balik bisa gak jadi peningkat tegangan dari 3 v ke 12 v

BOY mengatakan...

kalau teg 75v bsa langsung diturunkan ke 12v gk dg dioda zener?

dany lubish mengatakan...

gan itu yang C1: 470 nF apa yah namanya biar lebih jelas..
maklum br belajar:D
tlong yah