TEMPAT BERBAGI ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
Dunia = Kumpulan rangkaian elektronika, Download, ilmu umum, dll
Akhirat = Iman dan Tauhid, Hukum islam, Akhlakul kharimah, dll

SEKARANG BLOG INI SUDAH BISA DI KASIH KOMENTAR, BAGI YANG INGIN DI TANYAKAN SEPUTAR RANGKAIAN ELEKTRONIKA ATAU YANG LAIN SILAH KAN KASIH KOMENTAR ^_^

Jumat, 25 Mei 2012

SENSOR CAHAYA TANPA RELAY

Gambar rangkaian sensor cahaya tanpa relay:

 


Rangkaian sensor cahaya ini menggunakan SCR sebagai pengunci, jika hambatan  LDR menurun maka SCR pun akan aktif.dan lampu pun akan menyala

selain itu Q1 menerima arus yang di atur oleh VR1 dan LDR maka Q2 akan bkerja sebagai saklar untuk menghubungkan ke gate SCR

Pada saat hari mulai malam maka lampu tersebut akan menyala otomatis layaknya lampu taman. Pengaturan kepekaan dari sensor digunakan potensio VR1 500 K, kenapa kok 500k? karna dari sumber listriknya yaitu 220v, maka kita harus memakai komponen passif yang resistansinya besar
Adapun komponen yang diperlukan sbb :
LDR
D1 : IN4002
Q1,2 : Transistor FCS9014
VR1 : Potensio 500 Kohm
SCR : FIR 3D atau 2P4M
R1 : 18K
R2 : 10 K
R3 : 10K
R4 : 100K
C1 : 100mkrofarath
Lampu

Rangkaian sensor cahaya ini udah di uji coba dan hasil.nya 100% work, jika ingin layout pcb.nya tinggal koment aja ,ntar saya share ^_^

""" semoga bermanfaat''''

12 komentar:

Ngenet di Rumah mengatakan...

yang pake vcc baterai 3-4.5 volt modif rangkaiannya gmn gan?

Yoyok sandi putra mengatakan...

klo sama VCC DC sulit kayaknya gan ??

kalau yang vcc battrey harus pake relay
tapi ane coba tanya.in ke guru saya , klo bisa segera saya share

Yoyok sandi putra mengatakan...

Ada gan tapi sederhana.....

ranu astika mengatakan...

eee ane ngk ngrti pmasangan SCRnya gan, mhon di bntu. mklum orng awm

Yoyok sandi putra mengatakan...

pemasangan scr.nya ane pake yg 2P4M..

JADI kan scr kaki 3 ya .... yang tengah itu nyambung ke dioda

kalo di terangkan begini susah.. mending cari datasheet scr 2p4m di google

andika rudi mengatakan...

Gan boleh minta layout pcbnya

Jual / Beli barang bekas siap pakai mengatakan...

Gan Boleh Mnta LAyout PCB nya?

anggy prasetyo mengatakan...

gan minta layout PCBnya, balas cepat

Yoyok sandi putra mengatakan...

saya buatnya manual gan dulu itu ,, jadi gambar sendiri pake spidol

jadi ga punya file lay pcb nya

Anonim mengatakan...

tukaran yok

Anonim mengatakan...

katanya tanpa relay PHP lu :v yok tukaran ketemuan dimana ??!!!

briyan bagas mengatakan...

malam pak, boleh minta layout PCB nya gak? buat tugas kuliah soalnya, terimakasih