TEMPAT BERBAGI ILMU DUNIA DAN AKHIRAT
Dunia = Kumpulan rangkaian elektronika, Download, ilmu umum, dll
Akhirat = Iman dan Tauhid, Hukum islam, Akhlakul kharimah, dll

SEKARANG BLOG INI SUDAH BISA DI KASIH KOMENTAR, BAGI YANG INGIN DI TANYAKAN SEPUTAR RANGKAIAN ELEKTRONIKA ATAU YANG LAIN SILAH KAN KASIH KOMENTAR ^_^

Rabu, 16 Mei 2012

Rangkaian Saklar Sentuh Menggunakan IC555


 Saklar Sentuh merupakan sebuah saklar otomatis dimana ketika kita menyentuh "sensor sentuh" maka secara otomatis akan menjalankan rangkaian yang terhubung,misalnya ke peralatan listrik rumah tangga. Pada artikel sebelumnya,saya telah membuat sebuah saklar sentuh menggunakan sebuah Sensor Photodetector (baca Aplikasi Photodetector Sebagai Saklar Sentuh) namun kali ini kita akan mencoba membuat sebuah saklar sentuh menggunakan IC555.
     Aplikasi IC555 ini sendiri sangat banyak diantaranya adalah untuk membuat berbagai rangkaian otomatis, timer dan juga counter serta berbagai rangkaian yang dapat dibuat. Salah satu aplikasi yang pernah saya buat adalah Rangkaian LED berjalan (Running Led) silakan baca artikel sebelumnya. "Membuat Rangkaian LED berjalan dengan IC 555". Dan kali ini kita akan mecoba membuat Rangkaian Saklar Sentuh menggunakan IC555.







   Sebelum kita membuatnya,ada baiknya jika kita menyediakan dahulu komponenapa saja yang kita butuhkan. Adapun komponen tersebut antara lain:
 >> Sebuah IC555
 >> Resistor 1MOhm, 47KOhm masing-masing 2 buah
 >> Dioda 1N4001 4 buah
 >> Relay 9 volt dan juga Relay 12Volt
 >> Kapasitor 0,1uF dua buah, 1uF dua buah, 100uF (u =  mikro)
 >> Pelat Konduktor (bisa seng atau juga besi)

 Tambahan dari saya, Sebaiknya anda membuat rangkaian saklar sentuh ini menggunakan proto board sehingga nantinya komponen-komponen tersebut dapat digunakan untuk aplikasi lainnya.
 Baiklah,Langsung saja kita membuat rangkaian saklar sentuh menggunakan IC555. Silkan anda membuat rangkaiannya seperti gambar dibawah.


Gambar.1 Rangkaian Saklar Sentuh
    Cara kerja dari Rangkaian Saklar Sentuh yang kita buat ini cukup sederhana. Kita hanya perlu memberikan sinyal pemancing (Sinyal Trigger) pada plat konduktor. Tidak besar hanya sekita 0,5mA dan sinyal tersebut kita dapatkan dari tubuh kita sendiri karena tubuh manusia memiliki Listrik statis dan cukup untuk mentrigger rangkaian tersebut.
     Untuk lebih lengkapnya silakan baca artikel berikutnya. "Rangkaian Saklar Sentuh menggunakan IC555 monostable".

Tidak ada komentar: